Cara hilangkan jerawat di hidung kita

Menurut wikipedia Secara anatomi, hidung adalah penonjolan pada vertebrata yang mengandung nostril, yang menyaring udara untuk pernapasan. Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.

Hidung Sumber : https://hellosehat.com/

 Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung. 

Gangguan pada hidung biasanya disebabkan oleh radang atau sakit pilek yang menghasilkan lendir atau ingus sehingga menghalangi bau mencapai ujung saraf pembau. Gangguan lain juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran pada hidung dan bulu hidung yang terlalu banyak. Membersihkan hidung dari kotoran dan merapikan bulu, dapat membantu menghindarkan gangguan penciuman. terkadang pula hidung menjadi tempat bertumbuhnya jerawat

Menurut para ahli, jerawat umumnya timbul ketika terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan produksi minyak berlebih di dalam folikel kulit. Minyak berlebih bersama sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori yang merupakan saluran keluar dari folikel. Ini akan menyebakan folikel di bawah kulit membengkak. Bila sumbatan ini terinfeksi bakteri normal yang ada di atas kulit, akan terjadi peradangan berupa jerawat.

Demikian halnya dengan bagian dalam hidung yang terdiri dari banyak pori dan juga folikel rambut. Meski umumnya jerawat timbul di atas permukaan kulit, namun jerawat di hidung bagian dalam juga bisa terjadi. Infeksi yang mungkin terjadi ketika seseorang merasakan jerawat di hidung bagian dalam antara lain nasal vestibulitis dan nasal furuncles.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Di hidung?

Jangan dipegang

Kebiasaan buruk wanita adalah memegang-megang jerawat di wajah dengan tangan. Padahal, tangan Anda adalah sumber bakteri yang sangat mudah membuat jerawat makin meradang. Semakin sering Anda memegang jerawat, semakin meningkat pula aktivitas bakteri di sana.

Sehingga apabila jerawat Anda pecah, ambil tissue basah dan seka atau kompres selama beberapa detik sampai luka tertutup.

Mencuci wajah

Cuci wajah selama 4-5 kali sehari untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah. Selain itu, Anda bisa membantu mengatasi debu dan kotoran agar tidak sampai menyumbat pori. Bila rasanya nyeri, maka setelah mencuci muka Anda bisa mengompres wajah dan khususnya bagian yang berjerawat dengan es batu.

Es batu akan membantu mengurangi peradangan jerawat.

Jangan dipencet

Kalau dipegang dengan tangan saja akan membuatnya lebih parah, apalagi dipencet. Memencet jerawat akan meninggalkan bekas luka yang akan terlihat dan susah hilangnya. Bila memang ia masih meradang dan merona kemerahan, maka biarkan saja terlebih dahulu. Biarkan sampai nanahnya keluar sendiri dan baru diobati.

Pakai scrub oatmeal

Anda butuh membersihkan kulit wajah hingga ke pori cukup intens. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan ramuan masker oatmeal.

Oatmeal sendiri bermanfaat dijadikan scrub yang akan mengangkat sisa sel kulit mati dan debu kotoran di hidung. Lakukan setidaknya dua kali sehari dalam 2 minggu, maka jerawat di hidung akan sembuh.

Pakai tea tree oil

Tea tree oil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga di malam hari, Anda bisa memassage area berjerawat dengan menggunakan tea tree oil. Keesokan harinya biasanya ia akan kempes dan peradangannya berkurang.

Diuapi

Jangan takut pori-pori akan besar, karena dengan menguapi maka pori-pori akan terbuka sehingga membantu mengeluarkan minyak berlebih di wajah. Setelah 20-30 menit menguapi wajah Anda harus menutup kembali pori-pori dengan menggunakan air es atau es batu.

Jerawat di hidung bagian dalam harus segera diperiksakan ke dokter jika berlarut-larut ataupun diiringi dengan rasa pusing, demam, kebingungan, gangguan penglihatan, atau ukuran pupil mata tidak sama.

Penting untuk melakukan penanganan yang tepat dalam mengatasi jerawat di hidung bagian dalam. Konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan yang sesuai.

Sumber Tulisan:
https://www.vemale.com/cantik/36771-yang-harus-dilakukan-kalau-ada-jerawat-di-hidung.html
http://www.alodokter.com/penyebab-jerawat-di-hidung-bagian-dalam-dan-cara-mengatasinya
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidung#Hidung_manusia

0 komentar

Post a Comment