Bakteri Penyebab Jerawat!

Jerawat. Kali ini kita akan membahas apa saja dan bagaimana proses terjadinya jerawat. Jerawat disebabkan oleh bakteri kawan. Nah, kali ini kita akan menggambarkan bakteri - bakteri itu yang selama ini ada di jerawat. Mengapa terjadinya jerawat saat kita dimasa puber ? Kejadiannya yaitu, memang sebagian besar remaja mengalami jerawat ketika puber, mengapa ketika puber? Karena adanya ketidakseimbangan hormon saat puber.


Adanya ketidakseimbangan beberapa jenis dari hormon ini menyebabkan glandula cebacea yang dapat menghasilkan kulit berminyak secara aktif.  Akibatnya produksi pada minyak menjadi meningkat, minyak inilah yang dapat mengikat debu, kotoran, bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah, karena menyumbat pori - pori kelenjar minyak.


Pori pori kelenjar minyak yang tersumbat, akan menimbulkan penyebab jerawat yaitu dari spesies Propionibacterium acnes, bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Terlalu lama mengalami iritasi maka kulit akan menjadi merah dan bengkak. Nanah juga akan muncul karena adanya infeksi pada luka itu. Inilah terjadinya jerawat pada wajah.

Propionibacterium acnes adalah Bakteri penyebab Jerawat

Propionibacterium acnes adalah salah satu bakteri dari kelompok Corynebacteria. Bakteri ini termasuk anaerob gram positif yang toleran kepada oksigen. Genome bakteri ini telah diteliti bahwa terdapat gen bakteri yang menghasilkan enzim untuk meluruhkan kulit dan protein yang mampu mengaktifkan system kekebalan tubuh. Untuk klarifikasi bakteri propionibacterium yaitu :

  • -          Kingdom : Monera
  • -          Phylum : Actinobacteria
  • -          Class : Actinobacteriadae
  • -          Ordo : Actinomycetales
  • -          Family : Propionibateriaceae
  • -          Genus : Propionibacterium
  • -          Spesies : Propionibacterium acnes


Bakteri Penyebab Jerawat!
Bakteri Penyebab Jerawat!

Diatas adalah foto dari bakteri propionibacterium acnes, bentuknya seperti batang yang tidak beraturan. Bakteri ini bersifat aerob / anaerob bisa juga mikroaerofilik / anaerob.

Kami ada sedikit tips menghindari dari jerawat :
  1. Kurangi makanan pedas dan berminyak
  2. Jangan mudah stress
  3. Tambah porsi minum air putih
  4. Selalu mencuci wajah menggunakan facial wash
  5. Hindari paparan matahari langsung
  6. Usahakan menggunakan masker saat berkendara bermotor

Oke mungkin segitu saja info tentang Bakteri Penyebab Jerawat! semoga bermanfaat ya

1 comment


EmoticonEmoticon